Tuesday 27 December 2011

63 Koleksi Bambu Milik Museum Dipamerkan di Mal

INILAH.COM, Bandung - Sebanyak 63 benda koleksi terbuat dari awi atau bambu milik Museum Negeri Sri Baduga dipamerkan di Mal Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Pameran berlangsung mulai dari Selasa (11/10/2011) hingga Minggu (16/10/2011) tersebut, menghadirkan berbagai benda koleksi dari bambu yang digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti sistem pengetahuan, mata pencaharian, peralatan hidup, kesenian, permainan anak, dan senjata yang dipergunakan masyarakat Jabar.

"Bambu sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat Jabar, pada masa lalu maupun sekarang. Makanya kalau bambu dimusnahkan masyarakat Jabar akan rusak," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudyaan (Disparbud) Jabar Herdiwan Iing Suranta kepada wartawan di sela pembukaan pameran 'Kriya Awi Koleksi Museum Negeri Sri Baduga' di BIP, Selasa (11/11/2011).

Pengenalan koleksi bambu dalam pameran tersebut dilakukan karena kini orang Jabar lebih sering menggunakannya bambu hanya sebatas tempat sampah.

"Saat ini, di kita banyak bambu dibuat menjadi tempat sampah, dan masyarakat hanya mengenal sebatas itu. Sementara di Argentina bambu sudah digunakan untuk membuat stadion. Padahal bambunya berasal dari kita," pungkasnya. [rry]