Tuesday 27 December 2011

WORLD BAMBOO INOVATION DIBANGUN DI BANDUNG TAHUN 2012

Pemprov Jabar akan membangun World Bambu Inovasi pada tahun 2012 . Hal itu dilakukan untuk mengenalkan bambu kepada masyarakat.

World Bambu Inovasi, dimaksudkan bahwa bambu tidak hanya digunakan untuk alat musik dan alat-alat rumah tangga saja, tetapi dapat memecahkan permasalahan di bidang konstruksi, di luar negeri bambu sudah jadi bagian arsitektur," tutur Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf kepada wartawan di sela-sela acara Bambu Nusantara ke-5 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Ganesa), Jalan Taman Sari Kota Bandung, Sabtu (1/10/2011).

Untuk arsitektur dan kebutuhan konstruksi saat ini di Jabar, sudah mulai dikenalkan dalam bentuk saung khas Jabar. Namun masih perlu ada pengembangan lain misalnya menjadi furnitur di kafe, bahkan bisa jadi bahan dasar bangunannya.

"Kalau di luar negeri sudah ada yang buat bambu jadi stadion mini, di Indonesia baru terbatas saung jadi perlu dikembangkan lagi," tambahnya.

Dede mengatakan, dunia arsitektur memiliki kesempatan luas untuk mengembangkan bambu sebagai bagian dari konstruksi bangunannya. "Mungkin nanti bisa bangun rumah dari bambu," terangnya. [gin] www.inilah.com