Monday 20 February 2012

Yuk jalan Jalan ke Hutan Wisata Bambu, Bangli - Bali




Rasa-rasanya belum banyak orang tahu bahwa Bali memiliki tempat wisata yang berbeda, yaitu Hutan Bambu (Bambu Forest). What, Hutan Bambu? Jangan bingung dulu karena objek wisata ini lain daripada yang lain dan dijamin bisa memberikan nuansa yang sama sekali berbeda kepada setiap pengunjungnya. Bagi wisatawan yang sudah bosan mengunjungi wisata pantai, gunung, danau atau pura, tak ada salahnya jika menyempatkan waktu berkunjung ke spot wisata Hutan Bambu yang terletak di Kabupaten Bangli ini.
Nilai Ekologis dan Ekonomis
Hutan Bambu ini dinilai memiliki nilai ekologis dan ekonomis yang tinggi. Hal demikian tak bisa dilepaskan dari peran masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga kelestarian dan kealamian Hutan Bambu. Setiap warga sangat menaati peraturan bahwa pelestarian dan pembudidayaan Hutan Bambu menjadi tanggungjawab mereka karena diyakini merupakan titipan nenek moyang dan akan memberikan kemanfaatan bagi mereka.
Hutan Bambu ini memiliki luas sekitar 45 hektar dan dijadikan sebagai daerah resapan air utama yang oleh karenanya maka memiliki nilai ekologis sangat tinggi. Warga atau siapapun yang berkunjung ke Hutan Bambu ini dilarang untuk menebang pohon bambu sembarangan dan diwajibkan melakukan tebang pilih pada hari-hari yang telah ditentukan supaya tidak terjadi kerusakan pohon bambu.
Mayoritas masyarakat Bali yang beragama Hindu dengan landasan Tri Hita Karana, khususnya dalam konteks bidang Palemahan, menilai bahwa pohon bambu dalam kepentingan upacara-upacara kegamaan belum dapat digantikan. Sebab itu, setiap warga diwajibkan menaati peraturan supaya tak melakukan penebangan secara semena-mena, disamping juga tentunya tuntutan untuk menjaga kelestarian Hutan Bambu.
Menunjang “Bali Clean and Green”
Sementara berkaitan dengan program Pemerintah Bali, khususnyaKabupaten Bangli yang ingin mewujudkan Bali yang bersih dan hijau, maka jelas sekali eksistensi dan kelestarian Hutan Bambu sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Peran Hutan Bambu disini selain sebagai daerah resapan air, juga memiliki nilai ekonomis khususnya dalam mendukung berbagai acara keagamaan, maupun untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan kawasan Bangli. Sebagai contoh, bambu seringkali dimanfaatkan untuk atap rumah atau sirap di Desa Penglipuran, dimana rumah-rumah tersebut kemudian ditetapkan sebagai objek wisata yang tentunya akan menghasilkan pemasukan dari para pengunjung.
Berwisata dan Peka Lingkungan
Dengan mengunjungi Hutan Bambu para wisatawan selain bisa melihat dan menikmati keeksotisan berbagai jenis pohon bambu seperti Bambu Petung, Bambu Talang, juga secara otomatis akan disadarkan tentang betapa pentingnya menjaga dan melestarikan alam supaya tak terjadi kerusakan. Pohon-pohon bambu akan sangat menarik dilihat terutama ketika ada angin besar yang akan menggoyangkan pepohonan bambu tersebut sampai mengeluarkan bunyi yang terkadang beraturan.
Menuju Hutan Bambu
Lokasi Hutan Bambu ini berada di Desa Kubu, Kabupaten Bangli, atau sekitar 5 km dari Kota Bangli. Dari arah Denpasar berjarak sekitar 50 km dan bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Perjalanan ke wisata ini akan lebih cepat jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan/rental ketimbang menggunakan angkutan umum.
Selamat Berkunjung (http://bali.panduanwisata.com)