Thursday 20 December 2012

Penggunaan Bambu untuk Seni & Konstruksi di Taiwan & China


Di Eropa dan AS, bambu biasa digunakan untuk bahan bangunan yang berkelanjutan dalam bentuk bahan komposit untuk lantai dan dinding . Di Asia, bambu secara luas digunakan dalam konstruksi sebagai pengganti perancah baja. Meskipun tidak tampak mencolok di Taiwan, tetapi banyak contoh dalam pembangunan konstruksi rumah dan pencakar langit di China dan Hong Kong.

Seni Instalasi Bambu di Art Park, Taichung-Taiwan 

Bambu juga digunakan untuk seni instalasi bambu di Taman Seni/Art Park Taichung. Taman ini didedikasikan untuk arsitektur berkelanjutan dan pembangunan di daerah. Pembatas taman dibentuk oleh cincin tebal dari bambu bercat putih . Di dalamnya ditampilkan  instalasi kreatif tentang tanaman asli, tanah, dan air, serta master plan kawasan dan proposal arsitektur, gambar, dan model.


Perancah bambu untuk pembangunan gedung di Shanghai


Perancah bambu diikat dengan kawat. Bambu tipis kadang-kadang digunakan sebagai permukaan untuk  jalan pekerja. (Shanghai)


Tim pekerja merakit perancah, sering tanpa pengaman untuk mencegah jatuh. Para pekerja mengenakan topi keras dan kemeja seragam. (Hong Kong)