Saturday 15 December 2012

Rumah Bambu Eksotis yang Murah untuk Hunian Komunal




Desain hunian untuk komunal dapat dibangun murah dengan bambu yang  digunakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau untuk hunian sementara bagi penampungan pengungsi. Paviliun bambu ini di desain oleh desainer Australia Esan Rahmani dan Mukul Damle yang merupakan contoh yang indah dari penggunaan bahan berkelanjutan dan bersumber secara lokal bagi masyarakat yang kurang beruntung yang tinggal di sekitar Samudera Hindia.






Bangunan berbentuk seperti donat bambu, ruang tempat penampungan benar-benar komunal dalam arti bahwa mereka sengaja disusun di sekitar ruang pusat bersama . Penyimpanan dan individu / keluarga yang tinggal tersebar di sekitar pusat ini, sementara jendela  dan langit-langit pusat menyediakan sebagian besar pencahayaan alami dan ventilasi.

Kuat, fleksibel, murah dan cepat tumbuh, bambu merupakan bahan bangunan populer yang juga mudah ditemukan dan banyak digunakan di wilayah tersebut. Bambu juga  sering digunakan  untuk saluran air, para desainer meningkatkan kualitas dan memanfaatkan potensi ini dengan menampung hasil  pemanenan air hujan sebagai bagian dari desain atap.


Via : inhabitat ; treehugger.com