Monday 25 February 2013

Arang Bambu "Black Diamond" Prosesnya Rumit, Berkualitas Tinggi


 
Arang Bambu -  thefastworld.com
Arang Bambu "Black Diamond" merupakan hasil penelitian dari Prof.Song Yung Wan yang diolah dari bambu khusus sehingga menghasilkan nilai manfaat yang besar bagi keperluan sehari hari bagi manusia dan untuk kesehatan. Proses pembuatannya cukup rumit dan memerlukan waktu yang lama. 
Berikut ini disampaikan proses cara pembuatan arang bambu tersebut (admin)
Bamboo Carbon atau arang bambu adalah produk olahan bambu yang tekniknya telah dikenal oleh manusia sejak 800 tahun yang lalu di China dan menyebar ke Jepang. Di Jepang, Bamboo carbon digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari makananpakaian hingga pembuatan rumah tinggal.

Jenis bambu yang digunakan adalah bambu “Meng-zhong”Karena sulit diperoleh dan harus melalui proses pembuatan yang panjang, bamboo carbon ini sering disebut “Black Diamond” (berlian hitam).

Sampai saat ini potensi Bamboo Carbon masih terus digali, mulai dari keperluan pembuatan obat-obatan, suplemen kesehatan, bahkan dijadikan bahan super-conductor dalam pembuatan chip computer.

Prof. Song Yung Wan, seorang peneliti bamboo carbon dari Taiwan yang telah berhasil menemukan berbagai manfaat luar biasa dari bamboo karbon. Dengan memodifikasi proses pembuatannya, bamboo carbon dapat menghasilkan berbagai manfaat. Hasil penelitiannya ini telah diakui secara nasional maupun internasional dan telah dikembangkan menjadi berbagai produk keperluan sehari-hari yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan manusia. Kini penelitian dan pengembangan bamboo carbon masih terus dilaksanakan oleh lembaga bamboo internasional (Yung Ting International) yang diketuai oleh Prof. Song Yung Jian.

Karena sulit diperoleh dan harus melalui proses pembuatan yang panjang, bamboo carbon ini sering disebut “Black Diamond” (berlian hitam).

Proses Pembuatan Arang Bambu

Jenis bambu yang digunakan adalah bambu “Meng-zhong”Bambu diambil hanya bagian tengah dan dikeringkan secara alami dengan cara disimpan di tempat teduh yang terbuka selama beberapa bulan.

Setelah benar-benar keringpotongan-potongan bamboo tersebut dibelah dan diikat perkelompok dengan menggunakan tali rami (bukan tali sintetis).

Kemudian di masukkan ke dalam tungku pengasapan selama 5 hari lalu dikeringkan dengan menggunakan blower hingga kelembabannya di bawah 20%.

Dipanggang di tungku tradisional dengan menggunakan kayu bakar dari pohon flamboyant (tidak boleh menggunakan tungku modern dengan bahan bakar minyak atau gas). Proses pemanggangan ini memakan waktu antara 7 hingga 10 hari.

Bamboo didinginkan secara alami di dalam tungku selama kurang-lebih 1 bulan. Hasil proses inilah yang menghasilkan bamboo carbon berkualitas tinggi dengan manfaat yang berlimpah.Via : thefastworld.com