Thursday 28 February 2013

"Lucky Bamboo" memberikan Feng Shui Bagus di Rumah Anda


Lucky Bamboo - 123rf.com

Bambu Keberuntungan (Lucky Bamboo) adalah satu dari species Dracaena yang berasal dari Kamerun (Afrika Barat).paling tinggi kurang lebih 1,5 meter bahkan kurang dari 1 meter dengan panjang daun 15-25 cm sehingga sangat cocok ditanam dalam pot dan dijadikan tanaman hias. Katanya bila ditanam di dalam rumah akan memberikan Feng Shui yang baik. Mari kita Simak pembahasannya lebih lanjut (admin) 



Halaman yang seluruhnya tertutup beton maupun keramik akan mematikan energi qi/chi.
Dalam pandangan Feng Shui penghuni sulit memiliki keberuntungan bumi. Perlu diingat, tanah juga perlu bernafas.
Dengan memberi cukup ruang untuk berinteraksi dengan udara, hoki dipercaya akan mendatangi penghuninya.


Udara akan bebas mengalir sehingga suasana ruangan menjadi segar dan lebih hidup. Dalam pemahaman ilmu arsitektur pun, rumah tanpa tanaman tak memiliki nilai keasrian. Dengan begitu, citra rumah yang baik dan nyaman tak bakalan muncul.

Konsep Feng Shui, menjabarkan fungsi dan kegunaan beberapa jenis tanaman. Fungsi ini menjadi bentuk penilaian baik dan buruk dari jenis tanaman tertentu. Tanaman bernilai ‘baik’ sering diartikan dapat mengundang hawa rezeki agar bersedia singgah ke dalam rumah. Sebaliknya, tanaman berkriteria ‘buruk’ diyakini dapat mencelakakan penghuninya.

Karenanya, beberapa jenis tanaman menjadi pantangan dan dijauhkan dari lingkungan rumah. Sebaliknya, beberapa jenis tanaman dianggap memiliki kandungan makna ‘baik’. Salah satu diantaranya adalah tanaman Bambu Keberuntungan (Lucky Bamboo), sering disebut juga bambu rezeki, yang dalam bahasa latinnya disebut Dracaena Sanderiana.



Bambu Keberuntungan (Lucky Bamboo) adalah satu dari species Dracaena yang berasal dari Kamerun (Afrika barat). Kalau jenis bambu Indonesia yang selama ini kerap dijadikan bahan bangunan atau kontruksi bangunan memiliki tinggi hingga mencapai puluhan meter, namun tanaman bambu keberuntungan paling tinggi kurang lebih 1,5 meter bahkan kurang dari 1 meter dengan panjang daun 15-25 cm sehingga sangat cocok ditanam dalam pot dan dijadikan tanaman hias.

Tanaman Bambu Keberuntungan (Dracaena sp) mengingatkan kita akan salah satu etnis asal Negeri Tirai Bambu. Etnis Tionghoa memiliki kepercayaan tanaman itu bisa mendatangkan rejeki, sehingga tanaman tersebut banyak dipanjang di dalam toko milik warga keturunan Tionghoa. Maka tak perlu heran kalau nama tanaman sangat identik dengan nama negara terbesar di Asia itu (China), walaupun sebenarnya asal tanaman tersebut dari Kamerun (Afrika barat).

Penampilan fisik tanaman Lucky Bamboo, sangat berbeda jauh dengan jenis bambu yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Bambu Keberuntungan kulit batangnya hijau dan sangat halus walaupun memiliki beberapa ruas, daunnya juga sangat halus sangat berbeda jauh dengan bambu yang kita kenal selama ini.

Selain itu batang Lucky Bamboo lebih kecil dari bambu biasa, begitupun dengan daunnya kecil-kecil dan ramping berwarna hijau. Karena sosoknya yang ramping dan cantik, bambu keberuntungan di negeri kita selain dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan, juga sering dijadikan pagar hidup.



Semakin Memikat, jika dirangkai

Tanaman Bambu Keberuntungan makin memikat jika dirangkai dalam berbagai berbentuk sehingga tampak menyerupai rumpun bambu yang sebenarnya. Tanaman ini bisa dirangkai dengan berbagai bentuk seperti bentuk segi tiga, segi empat, bundar bahkan bisa berbentuk candi serta bisa dikembangkan dalam bentuk lain sangat tergantung dari kreatifitas sang perangkai.

Cara merangkainya pun tidak terlalu sulit namun butuh kehatian-hatian. Lalu bagaimana cara merangkainya?. Pertama-tama adalah menanam stek tanaman Lucky Bamboo satu persatu sebanyak 40 batang stek, setelah selang waktu 1 bulan dan tanaman mulai kelihatan sudah tumbuh bagus atau hidup maka tanaman sudah bisa dirangkai dengan cara mengikat satu persatu lalu menghubungkan tanaman satu dengan yang lain dengan menggunakan pengikat alumnium agar tanaman yang ditanam dalam pot bisa membentuk rumpun bambu.

Sedangkan bentuk rangkaianya tergantung dari kreatifitas dan keinginan si perangkai, bisa berbentuk lingkaran juga bisa berbentuk segi empat, tergantung dari kreatifitas kita merangkainya. Merangkai tanaman Lucky Bamboo selain butuh kreatifitas, juga harus hati-hati karena jika hati-hati maka tanaman bisa patah.

Pertumbuhan tanaman akan berlangsung cepat jika berada ditempat yang terang dan tidak terkena sinar matahari langsung sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai tanaman indoor (dalam rumah).

Tanaman Lucky Bamboo, kebanyakan diperbanyak dengan cara stek karena lebih gampang dan cepat tumbuh. Media tumbuh tanaman Bambu Keberuntungan bisa menggunakan  media tanah dan juga bisa hidup didalam air. Untuk tanaman dengan media tanam air, kita harus mengganti airnya apabila terlihat sudah keruh karena tanaman akan terhambat pertumbuhannya apabila media air kotor/keruh. Tanaman yang menggunakan media tanah akan berwarna lebih hijau dibandingkan dengan menggunakan media air yang mana tanaman akan memberikan nuansa kuning pada batang dan daunnya.

Minat konsumen terhadap Lucky Bamboo belakangan ini mengalami penurunan karena konsumen bunga sekarang lebih banyak beralih membeli bunga jenis Aglaomena dan Anthurium. Hal ini sebenarnya lebih baik, karena kita dapat menciptakan interior rumah yang asri dengan biaya yang lebih ringan.

Via : forum.tamanroyal.com