Tuesday 20 March 2012

Foto Taman Bambu di Beberapa Negara

 

Taman bambu terdapat di beberapa negara tetapi tidak semuanya tertata dengan baik.Idealnya ada penataan jaringan jalan yang mudah diikuti oleh pengunjung dengan kendaraan roda 4, roda 2 sepeda motor dan sepeda. Di Taman tersebut terdapat pengelompokan jenis bambu, proses sejak pembibitan, penanaman, pemanenan dan pascapanen.Di Indonesia telah ada taman bambu aseperti di Bali dan Cianjur.Berikut ini kita lihat sepintas yang ada di beberapa negara.  


Bamboo Trail, McKee Botanical Garden di Vero Beach- Florida


Bamboo Pavilion at McKee Botanical Garden in Vero Beach, Florida

 


Quail Botan­i­cal Gar­dens, in Encini­tas - coastal north­ern San Diego County. 
 


Bamboos with artAlphonse Karr bamboo

Giant tropical bamboo  painted and variegated bamboos

 


 


Bamboo Garden di Yangzhou-China
 

 









Taman Bambu Damyang-Juknogwon Korea
 

Hutan Bambu Shunan di persimpangan  Changning & Jiang'an,Yibin-China
Hutan bambu ini terletak di ketinggian 600-1.000 m dpl dengan temperatur rata rata 15,5 derajat Celcius.Suhu cukup nyaman yang hangat di musim dingin dan dingin di musim panas.Jarak dari Chengdu sekitar 4 jam dengan bis atau +/- 340 Km. 



http://forum.globaltimes.cn/forum/showthread.php?t=963


Hutan bambu Shunan bagaikan lautan bambu yang terhijau di China  yang mempunyai 500 gundukan bukit kecil ( rolling hill) bagaikan ombak lautan. Luas hutan bambu 120 km2 dilengkapi banyak jalan setapak. Tanaman lain juga ada di daerah ini , sehingga bisa hidup beberapa jenis binatang yang tidak berbahaya. Lokasi yang indah ini pernah digunakan untuk latar belakang pembuatan film " Crouching Tiger and  Hidden Dragon" yang pemainnya bertarung diatas pepohonan bambu yang bergoyang lembut. 


Di tempat ini juga dijual berbagai souvenir barang seni dari bambu seperti Chopstick dari bambu, patung bambu, bangunan dari bambu  dsbnya.Disini perlu dicoba 'wine' Wuliangye yang terkenal 







The Bamboo Garden Nursery in North Plains Oregon,Portland AS


bamboo garden

bamboo garden
sumber: http://www.bamboos.com/Mid%20size%20bamboo_1.html
             http://www.soenyun.com/Blog/tag/bamboo/ dan lain lain