Friday 15 June 2012

5 Gadget dari Bambu yang Ramah Lingkungan


 
Bagi para Gadget freaks (sebutan bagi maniak gadget),  memiliki gadget dalam jumlah banyak memang sudah biasa dan wajar bagi mereka, karena mereka mencintai kegiatannya tersebut. Tapi beberapa gadget ini begitu indah dan menggemaskan dan benar-benar sulit memalingkan pandangan untuk memilikinya. Gadget ini berbahan kulit kayu bambu yang memiliki nilai estetika yang unik dan eksklusif, ditambah kemampuan dari bambu yang dapat menyerap panas dengan baik, sehingga perangkat tersebut dapat lebih awet dan tahan lama dalam penggunaannya. Berikut ini Uniknya.com merangkum 5 gadget unik berbahan bambu:

1. Speaker Bambu USB Portabel
Speaker bambu USB dipatok dengan harga $ 30, harga yang terhitung murah bagi sebuah perangkat speaker yang memiliki nilai keindahan estetika yang tinggi. Tak hanya itu gadget ini merupakan sebuah amplifier murah yang efektif untuk ponsel Anda dan PMPs. Sentuhan dari bahan bambu tidak hanya unik untuk tampilan luar dari speaker, tetapi juga menyediakan berbagai suara lebih ekstensif dan juga meningkatkan respon frekuensi 300-10,000 Hz dari speaker lain dengan ukuran frekuensi yang sama, karena bambu sangat resisten. Di sisi lain sistem speaker bambu USB portable juga berperan dalam mendukung gerakan ramah lingkungan.


2. Keyboard dan Mouse Bambu
Aksesoris komputer saat ini sangat kompetitif dan tampak trendi, seperti halnya gadget lain yang tersedia di pasaran. Contohnya produk aksesoris berikut yang menampilkan tombol laser yang terukir pada bahan bambu, yang berguna untuk menyerap keringat. Keyboard bambu juga mencakup empat tombol pintas untuk memungkinkan akses mudah ke internet, e-mail, mute dan kalkulator.
Keyboard dan mouse ini, memiliki ukuran 460x161x22 mm dan 108x55x35mm (LWH), dan masing-masing kompatibel dengan Windows 98/2000/ME/XP/NT/Vista / Win7 dan sebagainya. Aksesoris baru yang mudah digunakan, karena mereka tidak memerlukan instalasi driver dan hanya perlu terhubung ke port USB pada PC, laptop atau Mac untuk memulai pekerjaan Anda. Harga yang dipatok adalah $ 33,44. Keyboard dan Mouse Bambu dibuat 100% menggunakan bambu alami. Yang bertujuan juga untuk meminimalisir limbah elektronik yanh sangat meresahkan saat ini.


3. Pembersih Udara  – Chikuno Cube
Ini adalah sebuah produk  berbahan arang bambu yang berbasis pembersih udara. Jika Anda sedang mencari cara yang ramah lingkungan untuk menjaga mobil atau lemari Anda bebas dari bau yang tidak sedap, maka kubus Chikuno mungkin saja produk yang sempurna untuk Anda. Kubus berbentuk pembersih udara dibuat dari serbuk halus ultra bambu, arang dan tanah liat. Arang memiliki kapasitas tinggi untuk menyerap bau, dan kubus Chikuno memanfaatkan bahan natural yang sangat sempurna untuk produk pembersih udara. Dikemas dalam struktur sarang lebah mikro, yang berbentuk sebuah kubus berukuran 2 inci, yang memungkinkan pembersih untuk bekerja selama sekitar satu tahun tanpa isi ulang apapun. Kubus Chikuno di pasarkan dengan harga $ 28,50.

4. Lampu Tangan Bambu
Plastik yang memiliki berat ringan dan daya tahan lama, telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari gadget modern dan juga berguna pada kehidupan sehari-hari. Tapi bahan dari plastik ini mempunyai efek yang merugikan terhadap lingkungan. Saat ini penggunaan bahan plastik dalam konsumsi elektronik rumah tangga sangat gencar dilakukan. Untuk kasus tersebut desainer Inggris Thomas Mascall hadir dengan sebuah desain lampu tangan inovatif yang menggantikan plastik dengan bahan bambu. Casing bambu tidak hanya memberikan tampilan yang unik untuk penerangan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan kapasitas atmosfer. Pembangkit listrik berasal dari baterai, lampu tangan bambu ini menggunakan dioda pemancar cahaya (LED), menjamin konsumsi energi lebih rendah dan daya tahan lebih lama.

5. Kipas Angin Bambu – Satori Fan
Dirancang untuk mengatasi tantangan lingkungan, kipas angin plafon Satori Haiku menawarkan efisiensi energi yang tinggi. Bilah-bilah kipas ini terbuat dari bambu Moso padat. Kipas angin plafon yang didesain untuk melengkapi lingkungan tradisional atau kontemporer menggunakan bahan alami. Fitur yang menonjol dari kipas ramah lingkungan, Satori termasuk desain aerodinamis canggih 3D, remote control inframerah (tujuh kecepatan, modus tidur, off timer dan modus wusss yang mensimulasikan aliran udara alami dengan modulasi kecepatan kipas lembut), kontrol digital inverter elektronik dan canggih dengan fitur keamanan, seperti desain motor yang seluruhnya tertutup, perlindungan shutdown elektronik dan auto-reset saklar termal.
source:http://www.uniknya.com/2012/02/13/5-gadget-kreatif-ramah-lingkungan-berbahan-bambu/