Monday 18 June 2012

Boneka Bambu yang Unik di Jepang



Setiap kunjungan wisata turis ke suatu negara tidak terlepas membeli oleh oleh untuk cinderamata. Pada umumnya pengunjung ke Jepang senang membeli oleh oleh  boneka yang dibuat dari bambu, dipotong miring untuk memberikan efek sebuah lembaran baju.
Boneka bambu dan kayu banyak dibuat kerajinan di jepang karena terkait dengan ritual/festival boneka  yang disebut  Hinamatsuri yang diadakan setiap tanggal 3 Maret.


  

   
Festival boneka ini mempunyai nama lain seperti Sangatsu Sekku (Festival Bulan 3), Momo Sekku (Festival Persik), Joshi no Sekku (Festival Gadis). 








Festival Boneka ini juga dikenal sebagai Festival Persik karena persik bersemi di awal musim semi dan disimbolkan sebagai keberanian dan kecantikan feminin. Anak perempuan memakai kimono terbaik mereka dan mengunjungi rumah temannya. Di rumah-rumah di tempatkan panggung berisi Hina Ningyo (boneka hina, sederet boneka yang mewakili kaisar, permaisuri, pelayan, dan musisi yang memakai pakaian kuno) dan sekeluarga merayakan dengan makanan spesial Hishimochi dan Shirozake.



Bila anda perlu artikel ini dan yang terkait, Silahkan menyalin, mengcopy di :