Friday 13 July 2012

Handuk dari Bambu, Apa Kelebihannya Dibanding Bahan Lain?



Handuk dari serat bambu
Bermacam macam bahan handuk yang dibuat pabrik yaitu dari polyster, katun dan ada yang dibuat dari serat bambu.
Handuk yang terbuat dari serat bambu yang alami mempunyai kelebihan dibandingkan dengan bahan handuk yang lainnya. Berikut ini kita kemukakan beberapa manfaat handuk dari serat bambu tersebut.
Berbagai manfaat handuk dari serat bambu:


1. Mengusap tubuh dengan handuk serat bambu saat mandi akan membuat tubuh terasa segar sepanjang hari dan lebih bebas bakteri
2. Mengeringkan wajah dengan handuk serat bambu setelah mencuci muka mengatasi masalah kulit seperti jerawat, dll
3. Memandikan bayi dengan handuk serat bambu akan menjaga kulit bayi lebih sehat dan lembab
4. Meletakkan handuk serat bambu di bawah helm akan membuat kepala lebih sejuk dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Helm tidak gampang berbau, kepala tidak gampang gatal
5. Gunakan handuk serat bambu untuk membersihkan dan mengeringkan kewanitaan setelah mandi dan buang air, dapat mengatasi keputihan, dan untuk yang sehat dapat mencegah keputihan
6. Handuk serat bambu yang digunakan untuk mengompres dapat mempercepat penurunan panas saat demam
7. Handuk serat bambu diletakkan di bawah kerudung akan menyejukkan kepala sepanjang hari

 Keunggulan Produk Textil dari serat Bambu:

1. Fungsi Anti Bakteri dan Membunuh Bakteri
Pohon Bambu setelah diteliti ternyata mengandung zat anti bakteri alami yg disebut "Penny Quinone". Dan dengan teknologi tingkat tinggi bambu diolah menjadi serat kain. Walaupun kain serat bambu di cuci berulang kali, dijemur matahari, tetap tidak akan kehilangan kemampuan anti bakterinya. Menurut penelitian bakteri yg masuk di serat bambu akan terbunuh 95% dalam waktu 24jam. Inilah yang membuat handuk dan pakaian serat bambu bebas bau dan gatal, juga punya efek menjaga tubuh terhadap serangan bakteri penyakit.
 

2. Fungsi Menyerap dan Menghilangkan Bau
Struktur pori2 kecil khusus di bagian dalam serat bambu membuat serat bambu memiliki daya serap yang tinggi, dapat menyerap formaldehyde, toluene, ammonia dan substansi berbahaya lainnya dan dapat menghilangkan bau yg tak sedap. (aplikasinya dapat di coba dengan menaruh handuk serat bambu di dalam kulkas, atau sepatu untuk menghilangkan bau tak sedap)

 

3. Fungsi Menyerap dan Menghilangkan Kelembaban
Di bawah mikroskop elektron dengan pembesaran 2000x, di permukaan serat bambu terdapat banyak cekungan dan cembungan, membentuk lubang2 berbentuk oval. Sehingga daya kapilaritas serat bambu cukup tinggi, dapat dengan mudah menyerap dan menguapkan air. Dari semua serat di dunia daya kapilaritas serat bambu adalah yg paling tinggi. Serat bambu memiliki daya sirkulasi udara 3,5x lipat dibandingkan dengan katun, sehingga disebut "Serat yang bisa bernapas". Sehingga apabila menggunakan pakaian serat bambu seolah2 sebagai "Kulit manusia lapisan ke 2".
 4. Fungsi Super Anti-Ultraviolet
Daya tembus ultraviolet di katun adalah 25%, sedangkan pada serat bambu 0,6%, ini menunjukan bahwa serat bambu mampu menahan efek panas dan radiasi matahari jauh lebih baik dari katun. Sehingga menggunakan serat bambu di panas matahari akan terasa lebih sejuk dari pada bahan katun.
5. Fungsi Menjaga Kesehatan
Bambu mengandung banyak pectin, madu bambu, tyrosine, vitamin E, dan SE, GE, dan berbagai elemen lainnya yang dapat melawan kangker, dan anti penuaan. Anti oksida dari elemen bambu dapat dengan efektif menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, dan kemampuan anti penuaan dini. Gabungan dari peroxide dan esters dapat menghentikan carsinogen, N-nitrite ammonia, dapat meningkatkan antibodi tubuh. Serat bambu mengandung berbagai asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, memiliki fungsi khas menjaga kulit, elemen serat bambu, madu bambu, pectin, memiliki fungsi melembabkan kulit dan fungsi anti lelah, serat bambu tidak membawa muatan listrik statis, sehingga menyebabkan anti gatal. Serat bambu lembut, nyaman di kulit, dapat memperbaiki sirkulasi darah di dlm tubuh, mengaktifkan sel2 tubuh, efektif mengontrol sistem saraf, menambah stamina, menyebabkan efek domino menghasilkan panas bagi tubuh, meningkatkan kualitas tidur. Kepadatan anion pada serat bambu mencapai 6000bh/M3, sehingga membuat orang sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin.
6. Fungsi Kenyamanan dan Keindahan
Kenyamanan dari pakaian ditentukan dari tiga unsur, nyaman di cuaca panas, nyaman di cuaca dingin, nyaman 
disentuh. Daya serap serat bambu yg tinggi, sirkulasi udara yg baik, tingkat emisi sinar infrared panjang 
mencapai 0.87. Sehingga membuat serat bambu sejuk di musim panas, hangat di musim dingin , dan sangat
 nyaman di sentuh. Serat bambu sangat ringan di pakai, halus di kulit, segar di tubuh. Serat bambu setelah
 diwarnai, punya keunggulan warna2 yang cantik, dan tidak mudah luntur, mudah dicuci. Di pakai di musim panas serat bambu dapat menurunkan suhu tubuh beberapa derajat.
Bila anda berminat dapat membeli Handuk Serat Bambu ukuran Sedang (34cm x 76cm) Rp 84.000,.di 
tokohaba.com
Silahkan Lihat video demonya di sini 




Bila anda perlu artikel ini dan yang terkait, Silahkan menyalin, mengcopy di :
http://kotakitaku-tamanbambunusantara.blogspot.com/