Wednesday 11 July 2012

Produksi Minyak Bambu Berkembang di Bandung Utara

KODAR SOLIHAT/"PRLM"

Sejumlah masyarakat pemelihara pohon bambu di Bandung utara memperoleh banyak peningkatan pendapatan sejak lima bulan terakhir, seiring berkembangnya usaha produksi minyak bambu. Produksinya dilakukan memanfaatkan sisa tebangan bambu, yang dibakar lalu diambil tetesan minyaknya. Minyak bambu tersebut sangat banyak dipesan sejumlah perajin olahan ikan di Kab. Indramayu.
Perajin minyak bambu asal Awiligar, Yayan, Selasa (3/1) ke Harian Pikiran Rakyat menyebutkan, saat ini minyak bambu rata-rata digunakan untuk mengolesi masakan ikan, baik untuk diolah maupun ikan bakar. Para pengguna rata-rata menggunakan minyak bambu, untuk memunculkan aroma khas dari ikan-ikan yang diolesi minyak tersebut sehigga lebih menarik selera makan.
Menurut Yayan dan rekannya, Daud, oleh pembeli saat ini minyak bambu rata-rata dihargai sekitar Rp 500.000,00/kg. Harga jual tersebut dinilai memadai, karena untuk menghasilkan sekilo minyak bambu memang memerlukan banyak bambu, yang biasanya digunakan dari sisa-sisa tebangan atau potongan sisa bahan keperluan membuat saung, dll.
Karena berkembangnya usaha ini, kata mereka, banyak tunggul bekas tebangan pohon bambu kini banyak dicari oleh para perajin minyak bambu. Namun cara ini justru dinilai membantu pertumbuhan tunas-tunas bambu yang baru, sehingga antara peremajaan tanaman dengan produksi olahan minyak bambu seiring untuk peningkatan nilai tambah usaha bambu.