Saturday 28 July 2012

Mengenal Serat Bambu untuk Bahan Cloth Diaper

cloth diaper

Ibu rumahtangga tidak asing dengan "Cloth diaper"atau clodi yaitu popok kain yang bisa dicuci dan dipakai lagi karena terbuat dari bahan tekstil alami atau sintesis atau kombinasi dari keduanya. Cloth diaper ini biasanya terdiri dari celana atau cover dan juga dilengkapi dengan lapisan penyerap atau istilahnya insert/soaker.
Bahan Cloth Diaper terbuat dari kain serat alami, yang biasa digunakan adalah wol, serat bambu (bamboo), dan rami (hemp). Sedangkan bahan sintetisnya ada yang terbuat dari handuk microfiber untuk lapisan penyerap (insert/soaker) dan polyurethane laminated (PUL) untuk lapisan luar (outer) yang sifatnya waterproof. Polyester bulu dan suede sering digunakan di dalam popok kain sebagai lapisan dalam (inner) yang bersifat stay dry (tetap kering) karena tidak menyerap cairan tetapi meneruskan cairan.

Jenis cloth diaper 

  • Pocket Diaper : berbentuk celana berkantung sehingga lapisan penyerap urin (insert) dimasukkan ke dalam kantung tersebut. Terdiri dari 2 lapisan yaitu outer yang berbahan waterproof (PUL atau TPU) dan inner yang berbahan suede, fleece, atau bambu.
  •  All-in-one Diaper: cloth diaper yang terdiri dari lapisan luar waterproof yang dijahit bersama-sama dengan lapisan inner dan lapisan penyerap (insert). Popok AiO adalah popok yang paling nyaman untuk digunakan karena hanya langsung digunakan seperti celana, namun membutuhkan waktu lebih lama untuk kering karena lebih tebal.
  •  All-in-two Diaper (AI2): Popok kain Ai2 memiliki 2 lapisan terpisah yaitu diaper cover yang bersifat waterproof dan soaker (lapisan insert yang dijahit bersamaan dengan liner). Sehingga apabila soaker sudah penuh, cukup mengganti soaker yang baru. Sementara diaper cover cukup dibersihkan dengan lap. Cocok untuk bayi yang baru lahir karena diaper cover bisa dipakai berulang-ulang, cukup dengan mengganti soaker.
  • Prefold Diaper: Popok kain modern berupa kain berlapis persegi panjang, terdiri dari lapisan samping kanan dan kiri serta lapisan tengah yang lebih tebal. Prefold diikat dengan pin atau snappy (peniti) dan digunakan bersama dengan cover penutup yang waterproof.
     
  • Flat/Square Diaper: Popok dari selembar kain bujur sangkar dilipat sesuai ukuran bayi. Seperti prefold diaper, dibutuhkan peniti dan cover yang waterproof.
  • Fitted Diaper: Popok yang mirip dengan popok sekali pakai dan terbuat dari beberapa lapis kain penyerap. Fitted memerlukan kancing atau loop/velcro untuk mengencangkannnya dan dibutuhkan cover waterproof. Dari : dodiceria.com
cloth diaper