Friday 27 July 2012

Mobil Listrik dari Serat Bambu Sangat Eco-fiendly


Mobil dengan energi listrik dari baterai sudah termasuk ramah lingkungan, apalagi kalau material mobil sebagian dibuat  dari serat bambu yang mudah ditanam dan cepat tumbuh. Rinspeed pabrikan mobil asal Switzerland mengumumkan telah mengembangkan  mobil konsep eco-friendly dengan komponen interior dari bahan serat bambu. 

Rinspeed Bamboo ini akan diperkenalkan secara aktual pada publik pada Geneva Auto Show tahun depan dan berpenampilan atap terbuka yang menganut garis-garis sederhana dan bertujuan untuk menghadirkan sebuah kendaraan yang lebih peduli terhadap lingkungan hidup. Dari : autobildindonesia.com

Bamboo ditampilkan dengan posisi 4 penumpang dan lebih bebas menghirup udara segar berkat desain sederhana dari atapnya yang terbuka ini. Pabrikan mobil dari Swiss ini menyatakan mereka terinspirasi dengan pola hidup bebas yang dianut masyarakat Eropa seperti pada era 70-an dan ingin menghadirkannya kembali. 

Mobil ini dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan terkini dengan tenaga listrik dengan output 54 kW dan baterainya dapat diisi ulang dengan soket 256 Volt. Mobil ini memiliki torsi 140 Nm dan berpenggerak roda depan. Sementara sasisnya terbuat dari campuran pelat baja dan komposit Ticona. 



Mobil ini memiliki desain unik yang merupakan kombinasi nuansa mobil pantai  dan teknologi modern masa kini garapan desainer pop artist asal New York, James Rizzi.

Sektor retro terlihat dari tampang eksteriornya yang mengandalkan headlamp bulat, ditunjang bentuk atap kanvas tanpa pilar dan jendela. Serta pemakaian velg palang tiga retro 17 inci dari AEZ yang dilapis ban Goodyear EfficientGrip, makin menguatkan mobil pantai jadul seperti Fiat Jolly.   

Sebagai wakil kecanggihan masa kini, motor elektrik bertenaga 72 dk mampu membawa mobil berbobot 1.090 kg ini pada kecepatan tertinggi 120 km/jam.

Hebatnya, mobil ini juga mampu mengungkapkan perasaan dan status sang pengendara yang dikendalikan lewat status Facebook, atau Twitter mereka. Melalui sistem “Identiface”  yang terdapat pada layar di gril.

Didalam kabin, aura futuristik sangat kental melalui VDO display dan dilengkapi docking bagi tablet PC “Flyer” 7 inci buatan HTC. Bahkan mobil empat penumpang ini dilengkapi audio sistem GreenEdge  yang merupakan masterpiece buatan produsen audio kenamaan, Harman JBL. Dari : mobil.otomotifnet.com